Home / POLISI KITA / SPN Polda Malut: Kapolda Malut Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2019

SPN Polda Malut: Kapolda Malut Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2019

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol. Drs.Suroto,M.Si., membuka secara langsung Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2019/2020, di halaman apel SPN Polda Malut, Sofifi, Selasa (06/08/2019).

Upacara Pembukaan Pendidikan dihadiri Kapolda Maluku Utara, Wakil Gubernur Malut, Para Pejabat Utama Polda Malut, Ketua Bhayangkari Daerah Malut dan Pengurus, Danrem 152/Babullah, Bupati Halteng, Walikota Tidore, Kajari Kota Tidore, Ka SPN Polda Malut, Para Kapolres Jajaran Polda Malut, Para Pejabat Korem 152/Babullah, Danlanut Ternate, Dandim Tidore.

Kapolda Malut Brigjen Pol. Drs.Suroto,M.Si., bertindak sebagai Inspektur Upacara, Waka SPN Polda Malut Kompol. Alwan Aufat sebagai Perwira Upacara dan Kompol. Zainal A.S. Latumapayahu, S.H. sebagai Komandan Upacara.

Upacara Pembukaan Pendidikan di awali dengan menyanyikan lagu Hymne Polri, Pengucap Catur Prasetya dari Brigadir. Hendra F.I.M.Nur serta Pembacaan Doa oleh Bripda. M. Faqih Latarissa.

Kapolda Malut membacakan pernyataan resmi Pembukaan Pendidikan serta menyematkan tanda pangkat siswa kepada perwakilan Siswa Bintara yang menandakan bahwa para calon siswa resmi dilantik menjadi siswa Bintara Polri dan akan dididik selama 7 (tujuh) bulan lamanya di SPN Polda Malut.

Inspektur Upacara Brigjen Pol. Drs.Suroto,M.Si pada Upacara Pembukaan Pendidikan Bintara Polri T.A. 2019/2020, membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. Muhammad Tito Karnavian. M. A.,Ph. D.

“Kualitas SDM menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Ketersediaan personel yang memiliki kualitas unggul menjadi aspek penting dalam mewujudkan keberhasilan pelaksanaan tugas. Ke depan tantangan yang dihadapi Polri akan semakin kompleks. Berbagai kejahatan lintas negara seperti terorisme dan perdagangan narkotika, kejahatan terhadap kekayaan Negara berupa korupsi dan illegal fishing. Kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti kerusuhan massa dan unjuk rasa anarkis serta berbagai kejahatan konvensional terus membutuhkan penanganan yang serius oleh Polri”

“Dalam Upacara Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi, salah satu di antaranya adalah peningkatan kualitas SDM Polri. Hal tersebut selaras dengan salah satu dari tujuh agenda pembangunan dalam rencana rembangunan jangka menengah nasional 2020-2024, yaitu meningkatan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Kapolri menaruh harapan besar bahwa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2019/2020. akan memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas SDM Polri. Melalui program pendidikan ini diharapkan akan terbentuk personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang unggul serta menampilkan sikap dan perilaku yang luhur dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Dalam momentum yang penuh dengan kebanggan ini Kapolri mengucapkan selamat kepada 8.875 Calon Bhayangkara Siswa Terdiri atas 8.475 Pria dan 400 Wanita yang dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Pembentukan Bintara Polri secara serentak di Sekolah Polisi Wanita dan 31 SPN Polda Jajaran Selama 7 Bulan”

Saat menyelesaikan pendidikan di Awal Maret 2020, kalian akan langsung di hadapkan kepada berbagai tugas, seperti Pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di 270 Wilayah serta pengamanan berbagai agenda nasional dan internasional.

Manfaatkan waktu Pendidikan yang cukup singkat ini untuk memperoleh pengetahuan, melatih keterampilan serta menyerap pengalaman sebagai bekal dalam pelaksanaan Tugas. Tunjukkan disiplin dan integritas selaku insan Bhayangkara yang berpedoman kepada Tribrata dan Catur Prasetya. Patuhi seluruh peraturan yang berlaku serta hindari pelanggaran dan perilaku yang dapat merusak kehormatan pribadi, keluarga dan institusi.

Mengakhiri amanat, Kapolri mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kalemdiklat Polri beserta jajaran, Kasepolwan dan para Ka SPN Polda segenap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

“Saya titipkan para siswa untuk dididik, dilatih dan dibimbing dengan sebaik-baiknya. Laksanakan seluruh tahapan pendidikan secara profesional. Tanamkan nilai-nilai disiplin dan integritas dengan penuh keteladanan. Hindari tindak kekerasan dan penyimpangan yang dapat mencederai keberhasilan penyelenggaraan pendidikan pembentukan. Kepada para Kapolda beserta jajaran, saya instruksikan untuk memberikan dukungan optimal demi keberhasilan program pendidikan. Laksanakan pembinaan dan pengawasan untuk menjamin pendidikan dapat terselenggara dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan”.

Usai pembacakan amanat Kapolri, acara dilanjutkan dengan penyiraman air kembang kepada 10 (sepuluh) orang perwakilan siswa pada masing -masing Kota dan Kabupaten di Maluku Utara oleh Kapolda Malut, para undangan Forkopimda dan Para Kapolres.

Perlu diketahui bahwa sebanyak 205 orang Siswa ini mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Polri di SPN Polda Malut.  Sebanyak 205 orang Siswa mewakili 2 (dua) Kota dan 8 (delapan) Kabupaten yang ada di Maluku Utara, antara lain: Kota Ternate (76) orang, Kota Tidore (33) orang, Kab. Halbar (18) orang, Kab. Halsel (24) orang, Kab. Halteng (8) orang, Kab. Haltim (9) orang, Kab. Halut (19) orang, Kabupaten Morotai (4) orang, Kabupaten Kep. Sula & Taliabu (14) orang.(Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *