Home / POLISI KITA / Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian dan Supervisi di Polres Halmahera Utara

Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian dan Supervisi di Polres Halmahera Utara

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut. Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol. Drs.Burdin Hambali hari ini tiba di Polres Halmahera Utara dalam rangka melaksanakan penelitian dan supervisi tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri di wilayah hukum Polres Halmahera Utara,Rabu (19/06/19).

  1. Waka Polres Halut Kompol Rudy Saeful Hadi S.I.K yang di dampigi Para Kabag, Kasat dan staf Polres Halut menyambut kedatangan Tim Puslitbang Polri yang terdiri dari Penata I Usman, M.A (Konsultan LIPI), Pembina Dwi Irawati, S.S, IPTU Reo Anggar Prabowo S.T, Ipda Aninditya Dichi Saptarini dan Pamen Biro Rena Polda Malut AKBP.Sulaiman Zaimin.Bertempat di ruang Vicon Polres Halut Penata I Usman, M.A (Konsultan LIPI), melaksanakan tatap muka dengan Waka Polres Halut, Para Kasat dan perwakilan Bhabinkhamtibmas Polres Halut.

Dalam tatap muka tersebut Waka Polres Halut Kompol Rudy Saeful Hadi S.I.K menyampaikan bahwa saat ini Polres Halut masih mengandalkan pendekatan kinerja personil, hal ini dikarenakan dibeberapa wilayah terpencil Halut masih terkendala jaringan Komunikasi yang tidak memadai sehingga belum melakukan pendekatan melalui IT. Polres Halut memiliki dua Program unggulan guna peningkatan pelayanan masyarakat, yakni Program Canga Maritim dan Program Babinkhamtibmas Desa Makarti. Program Canga Maritim dilaksanakan sabtu dan minggu dengan melakukan pelayanan SKCK, laporan kehilangan dan tugas-tugas Kepolisian lainya. Sedangkan Program Babinkhamtibmas Desa Makarti dengan pendekatan aspek kehidupan masyarakat dengan membuat peternakan kandang sapi dan pertanian di bidang peningkatan produksi beras.

Anggota Tim Puslitbang Polri Penata I Usman, M.A, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polres Halut atas penyambutan dan partisipasi dalam kegiatan ini.

“Kami akan melakukan semacam giat FGD dengan masyarakat langsung guna dilakukan penilaian terhadap kinerja Polres Halut. Polres Halut memiliki 2 fungsi kerja yakni Peningkatan teknologi fungsi Kepolisian dan sebagai pelaksanan manegemen Intelijen. kegiatan ini dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri dalam hal ini Polres Halut. Giat FGD akan menjadi bahan laporan kepada Kapolda Malut sehingga masing-masing Polres dapat menyampaikan keunggulan dan kendala yang di hadapi untuk selanjutnya akan dilakukan perangkingan Polres mana yang memiliki nilai terbaik”,ucap Usman.

Tiga orang anggota Tim Puslitbang Polri diantaranya Pembina Dwi Irawati, S.S., Iptu.Reo Anggar Prabowo, S.T. dan Ipda Aninditya Dichi Saptarini bertatap muka langsung dengan masyarakat maupun pegawai pemerintahan sekaligus melaksanakan penelitian dan supervisi dengan cara membagikan lembaran kuesioner di enam lokasi berbeda. Lokasi yang di kunjungi diantaranya terminal agkutan umum jurusan tobelo sofifi, pangkalan becak motor (Bentor) dan pangkalan Ojek pasar modern tobelo, pelabuhan speed tobelo, lapas klas II tobelo, pegawai kantor Bupati Kab. Halut dan berakhir di Kantor Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Halut.

Tujuan Tim Puslitbang Polri di 6 lokasi yang ada di Tobelo Halmahera Utara adalah untuk melaksnakan penelitian dan supervisi serta melihat secara langsung tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri dari lima fungsi layanan Kepolisian. Kelima fungsi layanan Kepolisian yaitu, fungsi Lalu Lintas, Reserse, Intel, Binmas dan Sabhara. Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu, bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability),  daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kesesuaian (conformance).(Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *