Home / GIAT OPS / Wadansat Brimobda Malut Pimpin Apel Gelar Pasukan Satgasopsda Aman Nusa II Tahun 2019

Wadansat Brimobda Malut Pimpin Apel Gelar Pasukan Satgasopsda Aman Nusa II Tahun 2019

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Utara AKBP Jafar Sadik, M.Si., memimpin Apel Gelar Pasukan Satuan Tugas Operasi Daerah (Satgasopsda) Aman Nusa II Tahun 2019 Polda Maluku Utara, yang diikuti oleh Para Pamen, Pama dan Personel Polda Malut di Lapangan Apel Mapolda Malut. Senin, 16/12/19.

Dalam sambutannya Wadansat Brimobda Malut membacakan sambutan Komandan Korps Brimob Polri, mengatakan, Wilayah Indonesia berada pada posisi strategis di antara benua Asia dan Australia, di antara samudera pasifik dan samudera hindia, serta dilalui garis khatulistiwa, terdiri dari pulau dan kepulauan yang membujur dari barat ke timur, terdapat banyak selat dan teluk, menyebabkan wilayah Indonesia rentan terhadap perubahan iklim cuaca.

Indonesia memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. pada musim penghujan, beberapa daerah tertentu sering mengalami banjir, longsor, abrasi pantai, cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan kemacetan maupun laka lantas karena jalan licin dan bahkan gagal panen. Sedangkan pada musim kemarau yang berkepanjangan, sering muncul kebakaran hutan dan lahan, sehingga menimmbulkan asap tebal yang mengganggu aktivitas masyarakat dan penerbangan pesawat karena terbatasnya jarak pandang.

 

 

 

 

 

“Bencana terjadi diakibatkan juga oleh masyarakat yang belum sadar bencana dan belum sadar lingkungan serta pengelolaan sumber daya alam yang kurang memperhatikan dan memperhitungkan dampak eksploitasi, sehingga mengakibatkan terjadinya bencana yang menimbulkan kerugian yang cukup besar, baik jiwa raga, harta benda dan kerusakan lingkungan hidup.” Kata Wadansat Brimobda Malut saat membacakan amanat Kakor Brimob Polri.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, beberapa waktu lalu telah terjadi beberapa bencana alam di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. angin puting beliung serta banjir dan tanah longsor di NTT, DIY, Kaltara, Sulteng, Sultra dan Papua serta gempa di Maluku.

 

 

 

 

 

Lanjut Wadansat Brimobda Malut, menyikapi hal tersebut, Polri beserta seluruh jajaran Mabes Polri bekerja sama dengan BNPB, BNPP, TNI dan pemerintah beserta potensi lainnya, melaksanakan Kegiatan Operasi Kontijensi “Aman Nusa II Tahun 2019” yang dimulai pada saat siaga darurat bencana dengan melalui langkah-langkah penguatan dan pendampingan psikologi, pencarian, penyelamatan, pelindungan, pengamanan dan evakuasi korban, harta benda, disaster victim identification (DVI) serta penegakan hukum dengan membentuk satgas.

“Satgas Sar, terdiri dari Korbrimob Polri, Dit Polairud dan Dit Pol Satwa, Satgas Pengungsian dan Perlindungan Terdiri dari Dit Samapta, Dit Pam Obvit, Dit Binmas, Dan Korlantas Polri, Satgas Kedokteran dan Kesehatan yang terdiri dari Pudokes dan DVI, Satgas Lidik Sidik terdiri dari Bareskrim dan Baintelkam serta Satgas Banops terdiri dari Korlantas, Div Humas, TIK, Propam, Logistik, Div Hubinter, Psikologi, Labfor Dan Inafis.”. Terang Wadansat.(Wtftt)

About wanto

Check Also

Polres Halsel Tingkatkan Patroli Gabungan Pada Perayaan Ibadah Natal 2019

        Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Halsel. Kepolisian Resor Halmahera Selatan meningkatkan pengamanan gereja pada  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *