Home / POLISI KITA / Wakapolda Maluku Utara Membuka Kegiatan Pelatihan Publik Speaking

Wakapolda Maluku Utara Membuka Kegiatan Pelatihan Publik Speaking

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara. Polda Maluku Utara dalam hal ini Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Malut pagi tadi menggelar PelatihanPublik Speaking dan Bicara Efektif Personil Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Malut yang bertempat di VIP Royal Resto Ternate, Kamis (25/10/18).

Kegiatan Pelatihan Publik Speaking tersebut bertemakan “Pelatihan Publik Speaking Dan Bicara Efektif Personil Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Malut Dalam Rangka Cipta Kondisi Pileg Dan Pilpres Tahun 2018-2019 Yang Aman,Damai Dan Sejuk”, resmi di buka oleh Wakapolda Malut Kombes Pol. Drs Lukas Arry Dwiko Utomo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Malut Kombes Pol. Drs Lukas Arry Dwiko Utomo, Narasumber dari Div Humas Mabes Polri Kombes Pol. DR. Slamet Pribadi SH. M.Hum, Pejabat Utama Polda Malut, Peserta Pelatihan dari Polres Ternate 30 Personel, Polres Tidore 20 Personel, Polres Halbar 20 Personel, Polres Halut 17 Personel, Polres Halsel 10 Personel, Polres Morotai 5 Personel, Polres Haltim 11 Personel, Polres Halteng 10 Personel, Polres Sula 3 Personel dan 2 Personel Perwakilan dari BNNP.

Kegiatan Pelatihan Publik Speaking dimulai dengan Pembukaan, Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan laporan Singkat oleh Ketua Panitia Akbp Hary Sembiring S.I.K  (KBO Dit Binmas).

Wakapolda Malut Kombes Pol. Drs Lukas Arry Dwiko Utomo dalam arahanya menyampaikan bahwa didalam institusi Polri, anggota Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam mendukung Program Kebijakan Pemerintah. Anggota Bhabinkamtibmas secara umum harus mempunyai kemampuan segala bidang, termasuk kemampuan Publik Speaking atau keterampilan berbicara dan bekerja sama dalam manajemen Penyelesaian Konflik. Berbagai tantangan tugas Polri yang akan di hadapi kedepan semakin kompleks dan perlu menjadi perhatian kita bersama saat ini adalah mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk diwilayah Polda Maluku Utara menjelang Pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden Tahun 2018.

Berikan pemahaman-pemahaman tentang Persatuan dan Kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selalu menjaga dan memelihara toleransi, saling menghargai setiap perbedaan sebagai upaya mencegah terjadinya konflik sosial di masyarakat. Untuk itu rekan-rekan Bhabinkamtibmas segera melakukan langkah dan upaya kongkrit untuk mencari solusi yang terbaik, guna meminimalisir setiap masalah yang terjadi dengan melibatkan para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama atau FKPM. Hal ini sangat penting karena masalah keamanan dapat tercipta dengan baik  manakala antar Aparat Pemerintah dapat bekerja sama dengan semua lapisan masyarakat.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi para anggota Bhabinkamtibmas dalam menyampaikan informasi  dan pesan-pesan kamtibmas  sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Untuk itu melalui kegiatan ini diharapkan lebih memahami tupoksi sebagai Anggota Bhabinkamtibmas di desa-desa sehingga penyampaian, tindakan dan perbuatan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, orang Nomor dua di Kepolisian Daerah Maluku Utara ini mengharapkan semua Personel Polri agar bersikap Netral dan lebih berperan aktif dan senantiasa bahu membahu dengan seluruh lapisan masyarakt  untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dilingkungan tugas maupun tempat tinggalnya masing-masing, serta menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan syuri tauladan yang baik.

“Publik speaking merupakan salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh setiap anggota Bhabinkamtibmas untuk bisa bertugas dengan baik di tengah-tengah masyarakat”,tutup Wakapolda Malut. (Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *