Home / POLISI KITA / Wakapolda Maluku Utara Pimpin Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian

Wakapolda Maluku Utara Pimpin Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian

Tribratanews.malut.polri.go.id – polda malut,  Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Lukas Akbar Abriari pimpin Taklimat Awal Wasrik Rutin Itwasda Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian Polda dan Polres Jajaran Polda Maluku Utara Utara Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan taklimat Awala Wasrik Rutin Itwasda tahap I ini, di laksanakan di Rupatama Polda Maluku Utara dan dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polda malut dan para kapolres jajaran Polda Malut. Selasa, 05/03/2019

Irwasda Maluku Utara Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian S.H., dalam Sambutannya mengatakan, pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan ini merupakan pelaksanaan tugas Itwasda selaku aparat pengawas internal pemerintah (apip)   Polri   yang harus  senantiasa mengedepankan peran sebagai  penjamin   kualitas   kinerja (quality assurance),  sebagai  konsultan (consulting),  mencari  solusi  dan  membangun kapabilitas  (namming),  serta  mampu  menunjukkan penampilan  dan   ketauladanan  anti  kkn  guna mendorong terwujudnya pemerintahan yang baik dan tata kelola yang bersih,

“Tim pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh Itwasda Polda Maluku Utara saat ini, disamping sebagai pemeriksa juga berperan sebagai konsultan dan mitra kerja serta berkedudukan sama dengan obyek wasrik.” Ucap Irwasda.

Pada wasrik kali ini, tim akan melakukan pemeriksaan pada aspek perencanaan dan pengorganisasian terhadap empat bidang manajemen yaitu bidang manajemen operasional, sumber daya manusia, material dan  logistik serta anggaran dan keuangan.

Pengawasan dan pemeriksaan tahap I dalam aspek perencanaan dan pengorganisasian  di Satker Jajaran Polda Malut, kegiatan wasrik tahap I yang dilaksanakan secara rutin oleh Itwasda meliputi aspek perencanaan dan pengorganisasian, pada bidang  operasional juga pembinaan, yang demikian ini sangatlah tepat.

“Pengawasan pemeriksaan sebaiknya tidak hanya dilaksanakan di akhir tahun namun akan lebih baik bila dilaksanakan pada awal tahun, untuk menjadi kontrol terhadap rencana kegiatan yang telah dibuat oleh masing-masing satker, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan tercapainya sasaran secara efektif dan efisien.” Tegas Wakapolda.

Adapun pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan kurang lebih  22 hari dimulai  dari  tanggal 05  Maret S.D 05 April 2019, Wakapolda Maluku Utara berharap kepada para Kasatker agar dapat bekerjasama dengan tim wasrik dengan sebaik-baiknya, serta memberikan keterangan secara terbuka dan apa adanya, sehingga tim memperoleh masukan yang benar tentang situasi dan pelaksanaan tugas di satuan kerja masing-masing.

Pengawasan dan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh Itwasda adalah untuk mengetahui sejak dini, sejauh mana kekurangan  atau  penyimpangan  yang  mungkin  terjadi  mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan kegiatan maupun dalam pengelolaan anggaran, mengukur bagaimana kepatuhan satker dalam mempedomani aturan dan pilun-pilun yang ada, serta  mengetahui bagaimana penerapan sistem pengendalian interen yang telah dilaksanakan oleh para kasatker di lingkungan Polda Malut.

Wakapolda Maluku Utara juga mengingatkan kepada para kasatker agar lebih meningkatkan pengawasan melekat  di satuan  kerja  masing-masing,  pada tahun 2019 ini  Satker Polda maupun Satker Polres sampai Polsek kinerjanya agar semakin meningkat dan lebih baik. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Operasi Bina Waspada II Kieraha Tahun 2019, Polda Maluku Utara Laksanakan Apel Gelar Pasukan

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Polda Maluku Utara melalui Direktorat Binmas Polda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *