Home / POLISI KITA / Wakapolda Maluku Utara Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74

Wakapolda Maluku Utara Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74

 

 

 

 

 

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun 2019, Polda Maluku Utara melaksanakan Upacara pengibaran bendera Merah Putih di Halaman Mapolda Maluku Utara, upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI kali mengangkat Tema “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”. Sabtu 17/-8/19.

Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74 ini, dipimpin langsung oleh Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari S.I.K., M.H, dan bertindak selaku Perwira Upacara AKBP Faruk Alkatiri, Komendan Upacara Kompol Samsul Alam, Pengibaran Bendera Merah Putih Bripda Rizki Candra Masuku, Bripda Fitriani Nasir, Bripda Nabila Faruk Fadlunisa, Pembacaan teks UUD 1945 Ipda Kurniawan serta Pembaca Naskah Proklamasi AKP Sinar Samsu.

Upacara tersebut diikuti oleh Irwasda Maluku Utara Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian M.H., satu Pleton Pamen Polda Malut, Satu Pleton Pama, Satu Pleton Bintara Staf, Satu Pleton Brimobda, Satu Pleton Polairud, Satu Pleton Samapta, Satu Pleton Lalu Lintas, satu Pleton Intelkam, Stau Pleton gabungan Reskrim dan ASN Polda Maluku Utara.

 

 

 

 

 

Pada Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-74, tersebut Wakapolda Maluku Utara membecakan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, MA., Ph.D., yang dalam amanatnya menyampaikan, seajarah telah menunjukan bahwa dalam perjalanan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, kita mampu mengatasi ancaman, ganguan, hambatan, dan tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Dengan demikian, dalam usia yang ke-74 tahun, Negara kesatuan Republik Indonesia Tetap Kokoh Berdiri.

“Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia, menjadi momentum bagi kita untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Ynag Maha Esa. Selai itu, peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat Bangsa dan Negara.” Ujar Wakapolda saat membacakan amanat Kapolri.

Fenomena Demokratisasi yang terjadi pada sebagian besar Negara di Dunia, telah mengubah tata kehidupan secara luas. Hal tersebut ditandai dengan menguatnya peran Legislatif dan Media, serta penghormatan Supermasi Hukum dan HAM. Dengan fenomena Globalisasi sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, tidak hanya memberi manfaat yang besar namun juga membawa berbagai potensi ganguan yang harus kita antisipasi.

 

 

 

 

 

Pemolisian di Era Demokrasi harus bertumpu kepada upaya untuk meraih kepercayaan masyarakat, selaku pemegang kekuasaan tertinggi Negara. Hal tersebut diwujudkan dengan penegakan Supremasi Hukum dan HAM, peningkatan kualitas pelayanan publik serta optimalisasi pemeliharaan Kamtibmas.

“Upaya tersebut akan dapat terselenggara secara optimal dengan dukungan kualitas sumber daya manusia Polri yang unggul, yaitu terseduanya personil yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas, memiliki integrasi dan moral perilaku yang luhur, serta memiliki kesamaptaan jasmani yang prima.” Ungkap Wakpolda.

Dalam upacara peringatan Ke-73 Hari Bhayangkara tahun 2019, Presiden Ir. Joko Widodo telah menyampaikan 5 Instruksi kepada Institusi Polri. Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri. Hal tersebut merupakan implementasi agenda pembangunan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu “Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing”.

 

 

 

 

 

Dalam tataran operasional, kita akan menghadapi berbagai agenda Nasional. Sebagai tahapan akhir pengamanan pemilu 2019, Polri akang mengamankan pengucapan Sumpah/janji anggota DPRD Kab./Kota, DPRD Provinsi, DPD RI dan DPR RI, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil pemilu tahun 2019. Dan pasda akhir tahun Polri akan menyelenggarakan pengamanan hari Natal Tahun 2019 dan tahun baru 2020.

Kapolri berpesan dalam amanatnya yang di bacakan Wakpolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari S.I.K., M.H., bahwa dalam menghadapi berbagai agenda pengamanan tersebut, seluruh Jajaran Kepolisian untuk terus meningkatkan kesiap siagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas. Laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi ganguan Kamtibmas, agar dapat terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata.

Jalan Koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal, selanjutnya pedomani seleruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri.(Wtftt)

About wanto

Check Also

Kapolda Maluku Utara Pimpin Sertijab Dir Krimsus dan Dir Polairud Polda Malut Serta Kapolres Halmahera Barat

            Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *