Home / POLISI KITA / Wakapolda Malut Pimpin dan Buka Secara langsung Taklimat Awala Wasrik Rutin Itwasda Malut Tahap II Tahun 2019

Wakapolda Malut Pimpin dan Buka Secara langsung Taklimat Awala Wasrik Rutin Itwasda Malut Tahap II Tahun 2019

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., memimpin dan membuka secara langsung taklimat awal Wasrik rutin Itwasda Maluku Utara Tahap II Tahun 2019 dalam Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian. Senin 28/10/19.

Taklimat awal Wasrik rutin ini dilaksanakan di Rupatama Polda Maluku Utara dan dihadiri olah, Irwasda Malut Sam Yulianus Kawengian S.H., Para Pejabat Utama Polda Malut dan Kapolres Jajaran Polda Malut.

Wakapolda Malut dalam sambutannya membacakan sambutan Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si, Bahwa pengawasan dan pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh Itwasda Malut, untuk mengetahui sejak dini sejauh mana kekurangan atau hambatan yang mungkin terjadi, mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan kegiatan maupun dalam pengelolaan keuangan.

 

 

 

 

 

“Hal ini sangat penting karena pada akhirnya, akan dapat mengeliminir temuan-temuan dan akan memberikan keyakinan kepada pengawas eksternal (BPK RI), pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri telah dilaksanakan dengan taat aturan, hemat, efisien dan efektif.” Ucap Wakapolda Saat bacakan sambutan Kapolda Malut.

Ini sejalan dengan kebijakan Kapolri melalui tiga visi yaitu, Profesional, Moderen dan Terpercaya yang dikenal dengan istilah Promoter, dan selanjutya dijabarkan dalam program prioritas Kapolri yang terdiri dari 11 program dan 16 kegiatan.

Orang nomor dua di Polda Maluku Utara ini juga mengatakan, pengawasan merupakan program ke 10 dari 11 program Kapolri, yang merupakan tugas dan tanggungjawab jajaran Inspektorat dan Profesi Pengamanan selaku pengawas Internal Polri.

“Berdasarkan hasil anev program pengawasan tahun 2017 dan yahun 2018, baik yang dilakukan melalui program Wasrik Internal Itwasda Malut dan Itwasum Polri, maupun Wasrik Eksternal BPK RI. Masih ditemukan adanya temuan berulang dan kelemahan dalam system pengendalian serta ketidak patuan terhadap Perundang-Undangan yang berlaku dalam mengelola keuangan.” Kata Wakapolda.

 

 

 

 

 

Lanjut Wakapolda, sesuai dengan tugas fungsi dan peran Inspektorat Polda Malut, dituntut berperan maksimal dalam mencegah dan meniadakan terjadinya penyalahgunaan anggaran melalui konsultasi bersama Jajaran BPKP tingkat Provinsi, sehingga temuannya dapat dijadikan pedoman bagi penerapan tata kelola Pemerintaha yang baik.

Wakapolda Malut juga mengingatkan kepada para Kasatker agar lebih meningkatkan pengawasan melekat di satuan kerja masing-masing, tidak ada lagi temuan berulang pada wasrik tahap II yang akan dilaksnakan dan agar kinerja Polri tahun 2019 pada satker Polda Malut dan Polres Jajaran sampai tingkat Polsek dapat lebih meningkat.

“Kepada Tim Wasrik Wakapolda berharap dapat bekerja secara Maksimal, guna menemukan kekurangan dan kelemahan pada obyek wasrik, baik berupa adminstrasi ataupun yang berpotensi terhadap kerugian keuangan negra serta dapat memberikan solusi maupunsebagai edukasi untuk perbaikan Polri kedepan khususnya pada Jajaran Polda Maluku Utara.” Harap Wakapolda. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Kabid Humas Polda Malut Resmi Dijabat oleh AKBP Adip R. S.I.K., M.H

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *