Home / POLISI KITA / Wakapolda Malut Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Wakapolda Malut Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Tribratanews.malut.polri.go.id-polda malut, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., memimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila, yang dilaksanakan di halaman apel Mapolda Maluku Utara. Sabtu 01/06/19.

Upacara Hari Kelahiran Pancasila tersebut di ikuti olah para Pejabat Utama Polda Maluku Utara, para Pamen dan Pama, Bintara, Tamtama serta ASN Polda Maluku Utara, Upacara tersebut ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan UUD 1945 dan pembacaan Teks Pancasila.

Dalam Sambutannya Wakapolda Maluku Utara membacakan amanat Kepala BPIP bahwa, Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa”, merupakan satu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai Bangsa masih belum secara sempurna berhasil mereleasikan nila-nilai Pancasilia, eksistensi Kiindonesiaan baik sebagai Bangsa maupun Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.” Tutur Wakapaolda saat membacakan amanat Kepala BPIP.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, keberagaman kondisi georafis, flora, fauna hungga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan, serta tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehri-hari, berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

“Pancasila sebagai bintang penuntun kebergaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika, sesuai dengan pesan Presiden jokowi.” Ungkap Wakapolda.

Sabagai Negara Bangsa yang inklusif dan tidak Chauvinis diperlukan pengelolaan unit Kultural dan unit politik secara dialektis, keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Taman Kebudayaan”.

Melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Kita harus merealissikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh Bansa Indonesia. (Wtftt).

About wanto

Check Also

Operasi Bina Waspada II Kieraha Tahun 2019, Polda Maluku Utara Laksanakan Apel Gelar Pasukan

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Polda Maluku Utara melalui Direktorat Binmas Polda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *